6 Tips Efektif agar Bayi Anda Lulus Poty Training

Poty training atau sering sekali disebut dengan toilet training digunakan untuk melatih anak Anda buang air di toilet. Biasanya si bayi belum terbiasa buang air di toilet rumah. Maka akan sulit untuk bayi Anda membuang air pada toilet. Nah agar bayi Anda terbiasa maka ada 6 tips untuk Anda agar bayi Anda lulus dalam toilet training.

Bayi Anda Lulus Poty Training


1.    Singkirkan Pengalih Perhatian
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyingkirkan pengalih perhatian sang bayi pada toilet Anda. Jika saat sang bayi sedang berada di toilet kemudian melihat sesuatu hal pasti si bayi akan fokus kepada hal tersebut. Jadi Anda harus menyingkirkannya.

2.    Menyingkirkan Popok
Hal yang selanjutnya adalah menyingkirkan popok sang bayi. Meskipun menjelang hari kemerdekaan akan diadakan promo kemerdekaan untuk popok bayi sebaiknya Anda jangan membelinya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan semua popok yang digunakan sang bayi. Menyingkirkan popok adalah hal yang harus dilakukan agar bayi Anda terbiasa buang air di toilet. Saat masih awal menyingkirkan popok memang belum terbiasa untuk Anda dan sang si bayi. Namun seiring berjalanya waktu pasti akan terbiasa.

3.    Jangan Menanyakan Kepada Bayi Apakah Merasa Akan Pipis
Hal paling penting saat sedang toilet training adalah jangan menanyakan kepada bayi Anda apakah ia merasa inging pipis atau pup. Karena jika sang bayi sadar bahwa sedang pada masa toilet training si bayi tidak akan menentangnya.

Saat malam hari juga Anda dapat membangunkan bayi Anda untuk mengajarkan kebiasaan jika malam ingin pipis pergi ke kamar mandi. Set alarm pada tengah malam dan bangunkan bayi Anda untuk pergi ke toilet agar bayi Anda terbiasa.

4.    Mengenal Kesiapan Anak untuk Toilet Training
Hal paling penting adalah mengenal kesiapan sang anak dalam tolilet training. Penyebab gagalnya dari toilet trining biasanya karena si anak belum siap untuk melakukannya. Pada umumnya anak akan merasa siap untuk hal ini pada saat ia berusia 2-3 tahun.

Maka sebisa mungkin Anda tergoda untuk melakukan toilet training karena iri melihat tetangga atau saudara telah berhasil melakukannya. Anda harus benar memperhatikan kesiapan dari sang anak. Karena kesiapan anak mlakukan hal ini berbeda-beda.

5.    Memilih Perlengkapan yang Tepat
Saat melakukan toilet training pasti ada sebagian anak yang merasa takut untuk duduk atau tongkok di toilet. Jadi sebaiknya Anda harus menawarkan belajar duduk atau jongkok. Jika masih belum berani ajaklah anak Anda untuk duduk di poty terlebih dahulu. Jika anak sudah berani Anda bisa langsung mengajaknya ke toilet.

6.    Menjadikan Rutinitas
Lakukanlah proses belajar toilet training secara rutin agar sang anak terbiasa. Jika Anda melakukannya tidak rutin maka sang anak tidak akan terbiasa buang air di toilet. Melakukan dengan rutin juga akan mengenalkan kepada anak bahawa membuang air yang benar di toilet.

Itulah 6 tips mengajarkan anak agar lulus dalam tolet training. Anda dapat menggunakan cara ini agar berhasil melakukan hal ini. Lakukan dengan benar agar sang anak merasa nyaman dan tidak takut saat buang air di toilet. Anda juga dapat mengunakan alat bantu toilet training yang disediakan di orami.co.id.

0 Response to "6 Tips Efektif agar Bayi Anda Lulus Poty Training"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel